ANALISIS KONJOIN UNTUK MENGUKUR PREFERENSI MAHASISWA AKADEMI STATISTIKA MUHAMMADIYAH SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2018/2019 DALAM MEMILIH SMARTPHONE

Rizki Latif Nur Hasifa, Laelatul Khikmah

Abstract


Analisis konjoin merupakan salah satu teknik dalam analisis multivariat yang digunakan untuk mengetahui preferensi responden terhadap suatu produk atau pelayanan dengan cara mengkombinasikan jumlah nilai masing-masing atribut yang terpisah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombinasi atribut smartphone yang paling disukai oleh mahasiswa Akademi Statistika Muhammadiyah Semarang Tahun Akademik 2018/2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dengan cara menyebar kuesioner kepada 108 mahasiswa Akademi Statistika Muhammadiyah Semarang Tahun Akademik 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan atribut yang paling disukai oleh keseluruhan responden untuk atribut Kapasitas RAM adalah 4 GB dengan NKT sebesar 1,2431 dan NRP sebesar 50,32%, atribut Ketajaman Kamera adalah 16 MP dengan NKT sebesar 0,75 dan NRP sebesar 26,70% serta atribut Ukuran Layar adalah 5 INCH dengan NKT sebesar 0,2269 dan NRP sebesar 22,97%. Nilai Pearson dan signifikansi yang diperoleh sebesar 0,6413 dan 0,000.

Kata Kunci: Analisis Konjoin, Full-Profile, Preferensi, Smartphone


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189