ADA APA DENGAN PRODUK BAJAKAN?

Edy Purwo Saputro

Abstract


Produk bajakan telah menjadi bagian dari keperilakuan konsumen, meski di sisi lain ada juga produk original. Oleh karena itu, berkembang istilah produk black market dan KW. Meskipun regulasi telah jelas melarang peredaran produk bajakan, namun faktanya peredaran produk bajakan masih ada dan konsumen tetap membelinya meski dengan sejumlah risiko yang menyertai. Terkait ini, maka riset tentang daya tarik produk bajakan menjadi penting yaitu tidak saja terkait dengan kepuasan konsumen, loyalitas pelanggan, dan persaingan pasar, tetapi juga pendapatan negara. Fakta ini menjadi argumen terkait tujuan penelitian yaitu faktor yang mendukung daya tarik produk bajakan. Metode penelitian yang dilakukan dengan survei melibatkan 100 mahasiswa fakultas X dari PTS Y dengan pertimbangan yaitu mewakili generai milenial. Hasil penelitian menunjukan sejumlah faktor yang menjadi daya tarik dari produk bajakan sehingga perlu antisipasi untuk proses ke depan. Saran dan keterbatasan dari riset ini menjadi acuan terhadap penelitian lanjutan.

 

Kata Kunci : produk bajakan, niat beli, konsumen

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189