MANAJEMEN LABA, PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DENGAN CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Eny Kusumawati, Nashirotun Nisa Nurharjanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh manajemen laba terhadapcorporate social responsibilty (CSR) dengan corporate governance sebagai variabel moderasi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisa multiple regresi. Sampelyang digunakan adalah perusahaan manufaktur dengan jumlah observasi 94 perusahaan untuk kurunwaktu tiga tahun. Studi empiris membuktikan bahwa manajemen laba dapat mempengaruhi corporatesocial responsibility (CSR) sedangkan komite audit dan kepemilikan manajerial tidak dapatmemoderasi hubungan manajemen laba terhadap CSR. Namun dewan komisaris dapat memoderasihubungan manajemen laba terhadap CSR. Hasil analisis regresi menunjukkan variabel manajemenlaba dengan CSR memiliki keterikatan yang dapat saling menjelaskan sebesar 27,2% dan nilaipengaruh dari kedua variabel dengan taraf signifikansi 5% adalah 3,8%. Kondisi ini mengindikasikanbahwa perusahaan cenderung melakukan pengungkapan CSR secara luas ketika ada kecenderunganpeningkatan laba. Berjalannya fungsi dari dewan komisaris membuat stakeholder lebih percaya bahwapeningkatan laba dilakukan bukan karena tujuan untuk mengaburkan tindakan praktik manajemen labaperusahaan. Implikasi dalam penelitian ini adalah perusahaan diharapkan melibatkan komite auditdan kepemilikan manajerial dalam proses monitoring sehingga penerapan corporate governancedapat meminimalisasi probabilitas manajemen laba sekaligus implementasi CSR dilakukan dengantujuan untuk investasi bukan untuk meningkatkan image perusahaan.

Kata Kunci: Manajemen Laba, Corporate Social Responsibility (CSR), Corporate Governance, ImagePerusahaan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189