ANALISIS FAKTOR KEPUASAN PENGGUNA JASA KERETA API DENGAN MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK BINER

Wanda Octa Amelia, Sri Subanti, Hasih Pratiwi

Abstract


Kereta api merupakan salah satu jenis transportasi darat yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Stasiun Solo Balapan merupakan salah satu stasiun di pulau Jawa yang mendapatkan penghargaan pelayanan publik dalam kategori pelayanan penumpang yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia pada tahun 2010. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna jasa kereta api di stasiun Solo Balapan, yaitu pelayanan, keamanan, dan komersial. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan menggunakan data primer. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu regresi logistik biner. Regresi logistik biner digunakan karena variabel respon pada penelitian ini bersifat kualitatif dan memiliki dua kategori atau dikotomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna jasa kereta api lokal di stasiun Solo Balapan. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna jasa kereta api lokal adalah faktor pelayanan. Faktor tersebut mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna jasa kereta api di stasiun Solo Balapan sebesar 74,3%. Rasio odds menunjukkan bahwa peluang pengguna jasa kereta api merasa puas pada faktor pelayanan 1,865 kali lebih besar dibanding dengan yang merasa tidak puas.

Kata Kunci : Tingkat kepuasan, Regresi logistik biner, Rasio odds


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189