PERBEDAAN PEMBELAJARAN ALAT BANTU GAWANG DAN PETI LOMPAT PADA LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK

Hendrawan Eko Widyatmoko

Abstract


(1) Perbedaan pengaruh antara Alat Bantu Gawang dan Alat Bantu Peti Lompat terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa putri kelas V dan VI SD Negeri 2 Karangduren Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. (2) Pengaruh yang lebih baik antara Alat Bantu Gawang dan Alat Bantu Peti Lompat terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa putri kelas V dan VI  SD Negeri 2 Karangduren Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pola M – S (Matched by Subject Design) menggunakan ordinal pairing. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putri kelas V dan VI SD Negeri 2 Karangduren Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali berjumlah 42 siswa dengan sample penelitian berjumlah 30 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah porposive sampling sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan test dan pengukuran dalam olahraga yaitu kemampuan lompat jauh gaya jongkok. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t (t-test) dengan mengambil taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan antara Alat Bantu Gawang dan Alat Bantu Peti Lompat terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa putri kelas V dan VI SD Negeri 2 Karangduren Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali dengan thitung sebesar 3,702 lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 2,145. (2) Alat Bantu Peti Lompat lebih efektif daripaada mengajar menggunakan Alat Bantu Gawang dengan prosentase peningkatan Alat Bantu Gawang sebesar 8,38% dan prosentase peningkatan Alat Bantu Peti Lompat sebesar 8,63% terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa putri kelas V dan VI  SD Negeri 2 Karangduren Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali.

Kata Kunci : Gawang, Gaya Jongkok, Lompat Jauh, Peti Lompat


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189