KETERAMPILAN OLAHRAGA RENANG KELAS X (SEPULUH) SMA NEGERI 1 SUKODONO SRAGEN

Eko Ari Anto, Sugiyanto Sugiyanto, Hanik Liskustyawati

Abstract


Renang merupakan salah satu materi pembelajaran pendidikan jasmani yang ada di Sekolah Menengah Atas (SMA). Untuk mencapai tujuan pendidikan jasmani, siswa-siswi diharapkan dapat menguasai keterampilan renang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan renang siswa/i kelas sepuluh SMA Negeri 1 Sukodono, Sragen, Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi pelajar SMA Negeri 1 Sukodono. Sedangkan penentuan sampel penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh  246 sampel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Data yang telah terkumpul lalu dianalisis secara deskriptif.  Berdasarkan hasil kuesioner yang telah diisi responden didapatkan hasil sebagai beikut: 1) kategori renang gaya bebas: 10,16% terampil, 7,31% kurang terampil,  82,52% tidak terampil. 2) kategori renang gaya dada: 13,41% terampil, 8,53% kurang terampil, 78,04% tidak terampil. 3) kategori renang gaya punggung: 1,62% terampil, 4,87% kurang terampil, 93,49% tidak terampil. 4) kategori renang gaya kupu-kupu 100% tidak terampil. Kesimpulan keterampil renang siswa-siswi SMAN 1 Sukodono, Sragen adalah  6,3% dinyatakan terampil, 5,18% kurang terampil, 88,51% tidak terampil.

                                                                                                        

Kata Kunci: Pendidikan Jasmani, Olahraga Renang


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189