KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP MUHAMMADIYAH ENREKANG
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik dan level kemampuan literasi matematika mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan instrumen bantu berupa soal matematika PISA yang telah dikembangkan, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level terendah yang dicapai mahasiswa adalah level 3 sebanyak 3 orang atau 17,64% dari 17 orang mahasiswa semester II. Sedangkan level tertinggi yang dapat dicapai adalah level 5 sebanyak 9 orang (52,96%), dan sebanyak 5 orang (29,41%) mencapai level 4.
Kata Kunci: Literasi Matematika
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189