ANALISIS AKTIVASI OTOT PADA OTOT EKSTERMITAS ATAS SAAT MEMANAH MENGGUNAKAN ELEKTROMIOGRAFI: REVIEW

Adnan Faris Naufal, Dini Afriani Khasanah

Abstract


Pendahuluan: Olahraga panahan merupakan olahraga statik yang memerlukan banyak kemampuan khusus seperti ketahanan, kekuatan hingga fokus dalam satu waktu. Namun sayangnya, sport science di Indonesia yang membahas tentang aktivasi otot bagi atlet masih sangat jarang dilakukan. Padahal dengan penelitian dan analisa yang lebih dalam tentang aktivasi otot akan sangat membantu atlet untuk menentukan latihan yang tepat guna mencapai prestasi yang lebih baik.

Tujuan:Untuk menganalisa aktivasi otot pada otot-otot ekstremitas atas saat memanah dengan menggunakan elektromiografi yang telah dilakukan oleh beberapa penelitian sebelumnya.

Metode: Menggunakan tinjauan teoritis melalui review jurnal mengenai aktivasi otot saat memanah dengan menggunakan elektromiografi pada atlet panahan. Terdapat 2 jurnal yang memenuhi kriteria inklusi, 1 jurnal menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan elektromiografi shimmer dan 1 jurnal dengan desain kuantitatif dengan elektromiografi.

Hasil: Dari sinyal elektromiografi yang diperoleh dari penelitian-penelitian tersebut membuktikan bahwa otot yang paling aktif pada archery shooting adalah otot deltoid.

Kesimpulan: Aktivitas otot deltoid lebih tinggi dibandingkan otot-otot ekstremitas atas lainnya saat archery shooting yang terdiri dari drawing phase, aiming phase dan release phase.

Kata Kunci : Olahraga Panahan, Aktivasi Otot, Otot Ekstermitas Atas, Elektromiografi

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2621-0584
p-ISSN: 2407-9189