ANALISIS UJI COBA TERBATAS PADA PENGEMBANGAN MODUL STATISTIKA MATEMATIKA BERBASIS LITERASI

Fajar Lestari, Desi Gita Andriani

Abstract


Literasi informasi merupakan hal yang penting untuk mengimbangi perkembangan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi. Literasi mengarah pada kemandirian dalam memahami suatu konsep. Bahan ajar yang memiliki karakteristik belajar mandiri adalah modul. Modul statistika matematika belum tersedia di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Wahidiyah. Oleh karena itu dilakukan pengembangan modul statistika matematika berbasis literasi. Pengembangan modul menggunakan model Borg & Gall 10 langkah yaitu potensi, pengumpulan data, design produk, validasi design, revisi design, uji coba terbatas, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk akhir, dan desiminasi. Pengembangan modul telah sampai pada tahap keenam yaitu uji coba terbatas. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis hasil uji coba terbatas adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kualitas modul tergolong baik dilihat dari aspek materi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan.

Keywords: Uji Coba Terbatas, Modul, Literasi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.