HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Septia Nada Syahputri, Uswatun Khasanah

Abstract


Minat belajar dan kemampuan literasi matematis merupakan beberapa faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan kemampuan literasi matematis dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Adapun kelas sampel yaitu kelas VII B. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Instrumen pengumpulan data berupa angket minat belajar matematika, tes kemampuan literasi matematis, pedoman wawancara minat belajar dan kemampuan literasi matematis serta tes hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian: uji validitas, uji daya beda dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji independen. Analisis data menggunakan regresi linear dan korelasi ganda. Adapun hasil penelitian yaitu  ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan kemampuan literasi matematis dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 ditunjukkan dengan > yaitu 5,1527>3,4434, koefisein korelasi ganda (R) sebesar 0,5648 dan =0,3190 serta persamaan regresi linear ganda: . Sumbangan relatif dan masing-masing  sebesar 57,4851% dan 42,5149% serta sumbangan efektif dan masing-masing sebesar 18,3377% dan sebesar 13,5623%.

Kata Kunci : Minat Belajar, Kemampuan Literasi Matematis, dan Hasil Belajar Matematika


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.