ANALISIS KEBUTUHAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Diasty Ponjen, Suparman Suparman

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu kemampuan yang harus di berdayakan dalam pembelajaran abad-21 dan juga menjadi salah satu standar utama dalam pembelajaran matematika. Pemecahan masalah merupakan suatu usaha untuk menyelesaikan masalah matematika menggunakan pengetahuan yang telah dimiliki.  Peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan rendah akan kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang tidak rutin atau HOTS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar berbasis Problem Based Learning untuk menstimulasi kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah SMPN 12 Yogyakarta kelas VII pada tahun pelajaran 2018/2019. Objek penelitian yaitu kemampuan pemecahan masalah, model pembelajaran, dan sumber belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah, pada materi bangun datar peserta didik merasa kesulitan dan LKPD maupun model pembelajaran yang digunakan belum dapat merangsang kemampuan pemecahan masalah. Model problem based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik untuk menggunakan kemampuan pemecahan masalahnya. Oleh karena itu guru dan peserta didik  memerlukan LKPD yang disesuaikan dengan model Problem Based Learning yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini dapat dikembangkan pada pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, LKPD, Problem Based Learning.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.