PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) SISWA KELAS VIII-C SMP TAKHASUS NURIL ANWAR PELAJARAN 2017/2018

Supriyono Supriyono, Isnaeni Maryam, Amin Widodo

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menngkatan pemahaman konsep dan prestasi belajar kelas VIII-C SMP Takhasus Nuril Anwar Purworejo melalui pembelajaran dengan model pembelajaran TAI (Team Asissted Individualization), 1) bagaimana peningkatan pemahaman siswa kelas VIII-C SMP Takhasus Nuril Anwar Purworejo melalui pembelajaran dengan model pembelajaran TAI (Team Asissted Individualization), 2) bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII-C SMP Takhasus Nuril Anwar Purworejo melalui pembelajaran dengan model pembelajaran TAI (Team Asissted Individualization).Peneliti ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-C SMP Takahasus Nuril Anwar tahun pelajaran 2017/2018, Peneliti ini menggunakan model pembelajaran TAI (Team Asissted Individualization). Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pemahaman konsep dan prestasi belajar matematika pada siswa VIII-C SMP Takhasus Nuril Anwar Purworejo tahun pelajaran 2017/2018 dengan model pembelajaran Team Assisted Individullization (TAI) meningkat. Tingkat  pemahaman konsep  siswa terus mengalami peningkatan baik secara khusus pada setiap siklusnya, maupun secara umum antar siklus  hal ini ditunjukan oleh semakin banyaknya siswa yang mau menyatakan dan memperhatikan penjelasan guru, mampu mengerjakan soal dengan benar, aktif mengajukan pendapat. Peningkatan prestasi belajar matematika tertulis siswa dengan model pembelajaran Team Assisted Individuallization. Hal ini ditandai dengan siswa mampu menuliskan gagasan matematika dan siswa mampu menuliskan solusi masalah pada pembelajaran matematika.

Kata kunci: pemahaman konsep, prestasi belajar, Team assisted Individuallization

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.