ANALISIS KEBUTUHAN POP UP BOOK BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTs PADA MATERI BANGUN RUANG

Bustanika Luthfi Harisna, Suparman Suparman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan Pop Up Book yang akan dihasilkan berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Pleret, Yogyakarta. Data penelitian diperoleh dengan cara wawancara dan observasi terhadap kurikulum, metode pembelajaran, materi, karekter siswa, dan kebutuhan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru menggunakan LKS sebagai bahan ajar dan metode konvensional untuk pembelajaran. Dari segi kurikulum, LKS sudah sesuai dengan KI, KD beserta indikator pencapaiannya. Namun, LKS hanya menampilkan unsur dua dimensi sedangkan materi bangun ruang diperlukan alat peraga yang menampilkan unsur tiga dimensi untuk mendukung LKS yang sudah ada. Metode pembelajaran konvensional kurang membantu siswa dalam pemahaman konsep bangun ruang karena tidak adanya pendekatan secara nyata terhadap objek yang dipelajari. (2) Siswa kurang berminat dalam belajar matematika, tidak fokus, sibuk dengan aktifitasnya sendiri, dan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru tanpa berperan aktif dalam pembelajaran sehingga siswa tidak bisa membangun gagasannya sendiri. (3) Siswa kurang paham konsep bangun ruang karena siswa kesulitan membayangkan sebuah objek. Oleh karena itu, siswa dan guru membutuhkan alat peraga yang mendukung LKS yang sudah ada yaitu berupa Pop Up Book berbasis RME pada materi bangun ruang.

Keywords: Geometri, Pop Up Book, RME.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.