LITERASI MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA KAITANNYA DENGAN SOAL PISA

Ika Prasetyani, Suparman Suparman

Abstract


PISA (Program for International Student Assessment) dilaksanakan secara regular sekali dalam tiga tahun sejak tahun 2000 untuk mengetahui literasi siswa usia 15 tahun dalam matematika, sains, dan membaca. Dalam rangka meningkatkan skor ranking pada PISA, tidak hanya dimulai dari siswa tetapi juga dari guru dan calon guru. Makalah ini membahas PISA, literasi matematika, dan level soal PISA kaitannya dengan berpikir tingkat tinggi. Makalah  ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek mahasiswa Program Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Ahmad Dahlan. Berdasarkan hasil pembahasan, skor matematika siswa Indonesia pada PISA 2015 tergolong berada pada peringkat bawah. Hal ini perlu menjadi perhatian yang serius, khusunya dari penyelenggara pendidikan. Dalam hal ini mahasiswa sebagai calon guru matematika harus memiliki performa yang baik kaitannya dengan literasi matematika dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Salah satu indikatornya yakni memiliki kemampuan menyelesaikan soal matematika PISA pada most difficult level.

Kata Kunci: PISA, Literasi Matematika, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, level pada PISA.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.