LKS CERITA BERGAMBAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI SPLTV SEBAGAI INOVASI BAHAN AJAR MATEMATIKA

Aziz Bayu Prasetya, Fitra Yogi Aditya, Faqih Khamdan

Abstract


LKS dengan cerita bergambar dapat menarik siswa terhadap memahami materi yang disajikan. Pendekatan budaya khusus matematika atau yang disebut dengan etnomatematika dalam LKS juga akan menumbuhkan semangat siswa dalam membaca dan mempelajari contoh penyelesaian soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel berbentuk cerita dengan alur pembelajaran Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di dalam kelas dan penerapannya pada masalah kontekstual. Selain itu, siswa mendapat pengetahuan budaya Pekalongan yaitu batik, sebagai wujud melestarikan budaya kepada generasi muda. Diharapkan dengan inovasi LKS yang digunakan pada materi menyusun Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel dari masalah kontekstual dan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel, yang dirasa sulit bagi siswa menjadikan mudah dan menyenangkan. Pengembangan LKS ini dapat dijadikan pendamping bahan ajar buku paket yang lebih komunikatif dengan berbasis cerita, serta menarik dengan bergambar dan adanya pendekatan budaya Pekalongan. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan lembar validasi. Lembar validasi divalidasi oleh validator yang bertujuan untuk menguji kevalidan LKS. Namun pada saat ini produk LKS masih dalam tahap desain.

Kata kunci: pengembangan, LKS cerita bergambar, etnomatematika, SPLTV.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.