ANALISIS KEGAGALAN WISATAWAN MENGUNJUNGI KE-4 BAGIAN TAMANSARI MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS

Brigitta Vinda Yonanta, Lusia Tri Avelia

Abstract


Situs Tamansari adalah salah satu bagian dari Keraton Ngayogyakarta yang dahulunya merupakan taman atau kebun Istana. Kini situs Tamansari dijadikan objek wisata yang populer di kalangan masyarakat. Banyak wisatawan yang datang ke objek wisata ini, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Namun, tidak sedikit wisatawan yang belum mengunjungi seluruh tempat di komplek wisata Tamansari. Kejadian ini merupakan kejadian puncak (top event) dari permasalahan yakni wisatawan gagal dalam mengunjungi ke-4 bagian dari Tamansari. Tentunya kejadian puncak disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor penyebab kejadian tersebut dikonstruksi menjadi persamaan Boolean :

T = (G ∙ H) + (I ∙ S) + L + J + F1 + N + F2 + F3 + (M ∙ O) + (M ∙ P) + U

lalu disederhanakan dengan menggunakan beberapa aturan aljabar Boolean hingga menemukan kejadian dasar (basic event) menjadi persamaan Boolean :

T = (G ∙ H) + (I ∙ S) + L + J + N + K (O + P) + U.

Dari kejadian dasar yang telah ditentukan dibuat minimal cut set dan minimal path set yang berfungsi sebagai alternatif atau rekomendasi solusi agar wisatawan yang akan berkunjung ke Tamansari berikutnya dapat diminimalisir kegagalannya dalam mengunjungi ke-4 bagian Tamansari.

Keywords: Tamansari, Fault Tree, Aljabar Boolean, Minimal Cut Set dan Minimal Path Set.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.