MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SERTA KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SDK SENGKAN, SLEMAN

Angel Kristiamita, Azkia Martiana Winarning Tyas, Stephan Gilang Adiwan Prayudha, Haniek Sri Pratini

Abstract


Konsep-konsep di dalam pembelajaran matematika yang abstrak tersusun secara hierarki, sehingga pembelajaran harus dilakukan secara sistematis dan urut. Pemahaman konsep diperlukan agar peserta didik tidak kebingungan pada materi selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perkalian dan pembagian serta komunikasi matematis dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dan metode diskusi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan siklus 1 dan siklus 2. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VC di SD Kanisius Sengkan, Sleman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan terhadap pemahaman perkalian dan pembagian. Hal ini dapat dilihat bahwa sebelum siklus peserta didik yang tuntas sebesar 27,27% dan setelah siklus dilaksanakan peserta didik yang tuntas sebesar 81%. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukan adanya peningkatan komunikasi matematis. Hal ini dapat dilihat bahwa peserta didik telah aktif dalam mengikuti pembelajaran dan dapat mempresentasikan hasil diskusi dengan baik yang ditandai dengan meningkatnya hasil komunikasi matematis menjadi 77,27%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan metode diskusi berdampak pada peningkatan pemahaman konsep dan komunikasi matematis.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.