PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL WORDWALL PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP

Angel Kristiamita, Bernadeta Lalita Nareswari, Carolina Dhinda Putri Mahanani, Petrus Laurensius Greimont To, Selly Lovilla Santi, Eko Budi Santoso

Abstract


Pada abad ke-21 peran teknologi dalam dunia pendidikan berkembang dengan pesat.  Perkembangan teknologi tersebut menuntut guru untuk menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Salah satu platform yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah wordwall. Wordwall merupakan media pembelajaran digital berbasis website yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan sebagai bahan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media digital wordwall pada pembelajaran aritmetika sosial kelas VII SMP. Selain itu penelitian ini juga membuat rancangan pembelajaran yang menggunakan media digital wordwall tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Model tersebut terdiri dari lima tahapan, yaitu Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Berdasarkan hasil review sejawat, media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.