PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN

Fibelia Dwi Puspaningrum, Anastasia Victri Dewi Mentaru, Devina Pratmasari Gunardi, Prita Adelia Maharani, Ansella Nicesha Paskaningtyastuti, Eko Budi Santoso

Abstract


Salah satu konsekuensi terhadap perkembangan zaman dan perubahan kurikulum Sistem Pendidikan Indonesia adalah kemampuan guru untuk menguasai dan menggunakan media digital. Salah satu platform yang bisa dipergunakan oleh guru untuk membuat media pembelajaran digital adalah Quizizz. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran digital dengan platform Quizizz untuk materi kekongrunenan dan kesebangunan siswa SMP kelas IX. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal cerita dan menafsirkan gambar terkait dengan kekongruenan dan kesebangunan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Develoment-RnD) dengan mengikuti tahap-tahap ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Rancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Berdasarkan penilaian sejawat, media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sebagai sangat baik. Penelitian ini dapat menjadi panduan bagi guru untuk melakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran digital Quizizz pada materi kekongruenan dan kesebangunan.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.