PENINGKATAN MOTIVASI DAN KETEKUNAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 YOGYAKARTA

Maria Natalia, Carolina Dhinda Putri Mahanani, Sri Prihatin Hartanti, Haniek Sri Pratini

Abstract


Matematika merupakan pelajaran yang kerap dianggap sulit oleh banyak siswa,  Matematika itu sulit dan menegangkan, sehingga kurang diminati oleh siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat menjadi sebuah cara yang efektif untuk mengidentifikasi masalah serta menemukan solusi yang tepat terkait dengan kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi dengan guru mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Yogyakarta dengan siswa kelas 7G sebagai subjek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada penelitian ini dikembangkan media pembelajaran digital interaktif menggunakan bantuan aplikasi geogebra dan desmos untuk meningkatkan motivasi dan ketekunan belajar matematika siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuis dan angket yang diisi oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi awal, peneliti memperoleh persentase motivasi belajar siswa berada pada skala 70%, sedangkan pada aspek ketekunan belajar siswa berada pada skala 68%. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil. Berdasarkan observasi pada siklus 2, persentase motivasi belajar siswa adalah 84% dan persentase ketekunan belajar siswa adalah 88%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat peningkatan motivasi dan ketekunan belajar siswa menggunakan media digital interaktif berbantuan Geogebra.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.