HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS BERBANTUAN MEDIA KATROL PYTHAGORAS

Prita Adelia Maharani, Agnes Dwi Risaningsih, Stephani Tasya Anggita Desya Christi, Maria Suci Apriani, Margaretha Madha Melissa

Abstract


Penerapan konsep matematika dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya ialah pemanfaatan teorema Pythagoras dalam menentukan kemiringan atap rumah. Namun realitanya, siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep teorema Pythagoras. Diantaranya kesulitan tersebut ialah siswa tidak mampu membedakan sisi miring, sisi tegak, dan sisi alas, serta siswa belum mampu menjelaskan hubungan antara sisi miring dengan sisi-sisi lainnya.  Penelitian ini bertujuan untuk merancang Hypothetical Learning Trajectory (HLT) pada materi teorema Pythagoras berbantuan media katrol Pythagoras. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research, pada tahapan preliminary design. HLT yang dirancang dalam penelitian ini meliputi tahap: 1) siswa menentukan panjang sisi segitiga dengan alat peraga katrol Pythagoras, 2) siswa menemukan rumus teorema Pythagoras, dan 3) siswa dapat mempergunakan teorema Pythagoras dalam menyelesaikan masalah kontekstual.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.