PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR DI KELAS X SMA N 3 REMBANG PADA MATERI PELUANG

Yus Rizal Albab, Syariful Fahmi

Abstract


Materi peluang masih dianggap sulit oleh sebagian peserta didik pada kelas X. Media pembelajaran interaktif diharapkan dapat menjadi fasilitas yang menunjang pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif matematika dengan mengunakan Smart Apps Cretaor (SAC) dalam pembelajaran matematika materi peluang pada kelas X. Dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif matematika ini disusun berdasarkan langkah-langkah penggunaan Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Rembang. Hasil Penelitian pengembangkan media pembelajaran interaktif matematika berbasis Aplikasi dengan menggunakan Smart Apps Cretaor pada materi peluang SMA kelas X berdasarkan kualitas tiap aspek media pembelajatran dari segi ahli materi dalam kategori sangat valid dengan persentase skor rata-rata 84,5%, dari segi ahli media dalam kategori sangat valid dengan persentase skor rata-rata 86,96%. Hasil rekapitulasi nilai secara keseluruhan yang merupakan gabungan dari penilaian ahli materi dan ahli media diperoleh persentase kevalidan media sebesar 85,73%  respon siswa dalam kategori sangat prkatis dengan persentase skor rata-rata 89,83%.Maka media pembelajaran interaktif matematika berbasis pendidikan dengan menggunakan Smart Apps Cretaor ini sangat valid dan prkatis digunakan dalam proses pembelajaran.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.