MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA SMA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW

Sintika Krisian Putri, Sterivia Mercyananta Mayliaputri, Anindiati Praminto Putri, Haniek Sri Pratini

Abstract


Integral merupakan salah satu materi yang dianggap sulit bagi siswa SMA. Kesulitan yang sering dialami yaitu pemahaman konsep, kurang teliti dalam pengerjaan soal, pembelajaran materi prasyarat yang belum optimal, dan juga motivasi belajar yang masih rendah. Hal tersebut dapat dipengaruhi dari metode pembelajaran yang kurang efektif atau tidak interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan siswa kelas XI IPS 1 di SMA Stella Duce 1 Yogyakarta. Materi pembelajaran yang digunakan peneliti adalah materi integral dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Indikator keberhasilan penelitian pada aspek pemahaman konsep sebesar 50% dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa serta aspek keaktifan sebesar 70% dilihat dari hasil observasi kelas. Hasil penelitian pada siklus I mencapai 31% untuk aspek pemahaman konsep dan 56% untuk aspek keaktifan, lalu pada siklus II mencapai 27% untuk aspek pemahaman konsep dan 71% untuk aspek keaktifan. Sehingga, penelitian ini belum cukup bukti untuk meningkatan aspek pemahaman konsep siswa akan tetapi cukup bukti untuk meningkatkan aspek keaktifan siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.