PEMBELAJARAN JARAK PADA DIMENSI TIGA BERBASIS ETNOMATEMATIKA KONTEKS BUDAYA RUMAH JOGLO KLATEN

Hanifah Syahdana, Defri Aulia Nurmalitasari, Haniek Sri Pratini

Abstract


Jarak pada dimensi tiga merupakan salah satu pembelajaran yang sukar bagi siswa di sekolah. Hal ini disebabkan karena sulitnya siswa untuk memvisualisasikan matematika ke dalam kontekstual. Seiring dengan kesulitan belajar siswa, budaya dapat membantu untuk memvisualisasikan matematika. Selain itu, budaya juga dapat mengeksplorasi matematika salah satunya yaitu jarak pada dimensi tiga.  Berkaitan dengan kedua hal tersebut, peneliti mengembangkan budaya Rumah Adat Joglo sebagai aktivitas pembelajaran yang dapat membantu siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan etnografi. Hasil penelitian ini adalah budaya rumah joglo dapat membantu siswa untuk memahami konsep jarak pada dimensi tiga. Harapan dilakukannya penelitian ini untuk referensi pembelajaran kepada guru dan calon guru SMA terkhusus daerah Klaten dan sekitarnya  terkait jarak pada dimensi tiga.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.