ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA MATEMATIKA

Ana Easti Rahayu Maya Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketercapaian indikator yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman matematis siswa melalui pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik triangulasi data. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, non tes dan studi pustaka. Tes dilakukan melalui pemberian soal matematika, non tes melalui pengisian angket yang berisi pandangan mahasiswa terhadap penyampaian materi yang dilakukan dosen secara online, sedangkan studi literatur dilakukan untuk menganalisis data yang diperoleh. Indikator yang digunakan untuk mengukur pemahaman matematis adalah kemampuan pemahaman konseptual. Berdasarkan hal tersebut ditemukan 67% siswa belum memahami dalam menentukan penyelesaian masalah yang diberikan. Sedangkan 33% sudah dapat menyelesaikan namun masih terdapat beberapa langkah penyelesaian yang salah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu rendahnya pemahaman siswa dalam menyusun algoritma sebagai solusi dari permasalahan yang diberikan.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.