RESPONS SISWA TERHADAP MEDAI PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID-STEM PADA MATERI PYTHAGORAS DI SMP STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA

Melania Eva Wulanningtyas, Arfin Arfin, Ardhika Fajar Ramadhan

Abstract


Salah satu inovasi dalam pengembangan media pembelajaran adalah melalui aplikasi berbasis android untuk dapat memudahkan guru dan siswa menggunakannya melalui gadget masing-masing. Media pembelajaran dikembangkan dengan tujuan agar dapat membantu guru dalam menyampaikan materi Pythagoras dan membantu siswa dalam memahami materi Pythagoras yang disampaikan. Media pembelajaran dikembangkan dengan model 4D (Define, Design, Development, Dissemination). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui respons siswa dan kepuasan siswa terhadap media pembelajaran yang dibuat dan digunakan. Respons siswa dikumpulkan melalui angket dengan skala Likert dan dianalisis menggunakan teknik klasifikasi kriteria kepraktisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran termasuk dalam kategori baik pada penilaian skala kecil maupun skala besar. Berdasarkan hasil ini, maka media pembelajaran dinyatakan sebagai media pembelajaran yang praktis karena dapat diakses dimana saja, membantu memudahkan kegiatan pembelajaran secara dinamis, dan dapat digunakan berulang kali.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.