PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VIII MATERI FUNGSI

Nadita Dasa Fatmalia Putri, Katarina Ciesa Maharani Wardoyo, Kamilah Rohadatul Azizah, Eko Budi Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemaparan proses pengembangan modul pendidikan multikultural dalam pembelajaran matematika materi fungsi. Pembelajaran berbasis multikultural merupakan pembelajaran yang selain membantu peserta didik untuk mendalami materi yang sedang dipelajari, juga meningkatkan kesadaran peserta didik terhadap adanya perbedaan budaya, agama, strata sosial, suku, atau ras dalam masyarakat. Ini sesuai dengan konteks Indonesia yang beragam. Analisis awal yang telah dilakukan memperlihatkan sedikitnya aspek multikultural dalam modul dan buku teks yang dipergunakan di sekolah di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengikuti tahap-tahap ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Rancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi para guru di Indonesia untuk melaksanakan pembelajaran matematika berbasis multikultural pada materi fungsi.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.