PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DALAM BENTUK BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LINGKARAN

Endah Wulantina, Lulu Oktafiana

Abstract


Keterbatasan bahan ajar yang digunakan menyebabkan siswa kurang berminat untuk belajar matematika khususnya pada materi lingkaran. Salah satu alternatif bahan ajar yang dapat digunakan dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu dengan mengembangkan bahan ajar matematika berupa buku saku digital berbasis pendekatan kontekstual materi lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui langkah-langkah pengembangan bahan ajar matematika berbentuk buku saku digital berbasis pendekatan kontekstual pada materi lingkaran. (2) mengetahui kelayakan bahan ajar matematika berupa buku saku digital berbasis pendekatan kontekstual materi lingkaran. Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE sebanyak lima tahapan. Instrumen yang digunakan adalah skala penilaian untuk mengetahui kelayakan buku saku digital untuk mengetahui respon siswa yaitu menggunakan skala likert dengan empat penilaian. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif oleh ahli materi, ahli media, dan siswa SMP N 3 Jabung. Hasil penelitian ini adalah: (1) Bahan ajar buku saku digital berbasis kontekstual pada materi lingkaran. (2) Penilaian ahli materi diperoleh rata-rata pada rentang ≥3 termasuk dalam kategori sangat tepat, penilaian ahli media diperoleh rata-rata pada rentang ≥3  yang termasuk dalam kategori sangat tepat. (3) Tanggapan siswa berdasarkan beberapa aspek diperoleh persentase 87,39% yang  termasuk dalam kategori sangat layak.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.