KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena dampak covid-19 terutama bidang pendidikan. Solusi dari permasalahan tersebut mengharuskan pembelajaran tatap muka dialihkan menjadi pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika secara daring masa pandemic covid-19. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan 4 siswa kelas XII Kota Tarakan. Analisis data yang digunakan ialah Bogdan & Biklen dengan beberapa tahapan 1) mereduksi data, 2) menyajikan dalam bentuk tabel, dan 3) melakukan interpretasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesulitan siswa pada pembelajaran daring sebagai berikut. 1) kendala terkait jaringan, IT, dan lingkungan yang kurang mendukung, 2) komunikasi yang kurang efektif dan penugasan siswa yang terlalu sering, dan 3) sikap, kondisi psikis dan fisik siswa yang akan menyebabkan gangguan fisik berupa mata mudah lelah, kurang focus, dan gangguan fisik lainnya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.