DESKRIPSI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

Siti Munfaridah, Supriyono Supriyono, Prasetyo Budi Darmono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  kemampuan koneksi matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika materi persamaan linear satu variabel. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Ayah tahun Ajaran 2021/2022 berjumlah 29 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif  teknik pengambilan subjek ini menggunakan non probability sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis materi persamaan linear satu variabel dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian  menunjukan bahwa: 1) Siswa dengan kemampuan koneksi matematis tinggi ada 5 siswa, kelima siswa ini mampu memenuhi semua indikator dari total 4 indikator kemampuan koneksi matematis dalam memecahkan masalah matematika yaitu: a) Menuliskan representasi ekuivalen dari konsep yang sama. b) Menuliskan prosedur matematika dari representasi ekuivalen. c) Menggunakan keterkaitan antar topik matematika dan luar matematika. d) Menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. 2) Siswa dengan kemampuan koneksi matematis sedang ada 3 siswa, ketiga siswa ini  mampu memenuhi 3 indikator dari total 4 indikator kemampuan koneksi matematis dalam memecahkan masalah matematika yaitu a) Menuliskan representasi ekuivalen dari konsep yang sama. b) Menuliskan prosedur matematika dari representasi ekuivalen. c) Menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. 3) Siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis rendah ada 21 siswa, dimana 14 siswa mampu memenuhi 2 indikator kemampuan koneksi matematis yaitu: a) Menuliskan representasi ekuivalen dari konsep yang sama. b) Menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan 7 sisanya tidak memenuhi satupun indikator kemampuan koneksi matematis.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.