KAJIAN ETNOMATEMATIKA ASPEK LOCATING DAN DESIGNING PADA KERAJINAN MENDONG DERIJI CRAFT DAN IMPLEMENTASINYA PADA MATERI GEOMETRI

Agnes Deviana Herawati, Dominikus Arif Budi Prasetyo

Abstract


Indonesia memiliki keanekaragaman budaya. Budaya tidak dapat dihindari dalam kegiatan sehari-hari. Salah satu keanekaragaman budaya di Indonesia yaitu seni kerajinan. Keterkaitan antara budaya dengan pembelajaran matematika disebut etnomatematika. Tujuan penelitian ini untuk membahas mengenai sejarah kerajinan berbahan mendong produksi Deriji Craft, mengetahui apa saja aktivitas fundamental matematis menurut Bishop yang terdapat pada kegiatan pembuatan kerajinan berbahan mendong produksi Deriji Craft, dan implementasi pada pembelajaran matematika bahasan geometri tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data penelitian ini dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu informasi mengenai sejarah kerajinan mendong produksi Deriji Craft serta terdapat aspek locating yaitu saat menentukan letak penyimpanan kerajinan mendong, menentukan lokasi penjualan kerajinan mendong, dan menentukan tempat pemasukan anyaman mendong yang berkualitas serta terdapat aspek designing yaitu proses pembuatan produk kerajinan mendong. Selain itu, terdapat hasil soal Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada konten numerasi terkait materi geometri yang terdapat pada kerajinan mendong produksi Deriji Craft.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.