PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Nida Yusrina, Sumargiyani Sumargiyani, Aldianto Tobing

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VII G SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas VII G SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Prosedur penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan pedoman wawancara siswa. Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ditandai dengan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VII G SMP Negeri 15 Yogyakarta yang telah mencapai kriteria tinggi, yaitu rata-rata persentase per-siklus aktivitas belajar siswa minimal 60%. Hasil penelitian menunjukan terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pelajaran matematika. Hal ini terlihat dari rata-rata presentase aktivitas belajar siswa yang semakin meningkat dari aktivitas belajar siswa pada Siklus I rata-rata presentase aktivitas belajar siswa mencapai 56,48% dengan kriteria sedang, dan pada Siklus II rata-rata presentase aktivitas belajar siswa meningkat hingga 65,85% dengan kriteria tinggi.

Kata Kunci : Jigsaw, aktivitas belajar, matematika

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.