PENSKALAAN INSTRUMEN MULTIPLE INTELLIGENCES MENGGUNAKAN METODE PAIRED COMPARISONS UNTUK MENELUSURI PROFIL MINAT DAN BAKAT MAHASISWA

Komang Hari Santhi Dewi

Abstract


Fokus permasalahan dalam penelitian ini didasari oleh kenyataan bahwa setiap mahasiswa memiliki perpaduan kecerdasan yang tidak hanya berorientasi pada aspek kognitif saja namun juga berbagai aspek-aspek lain yang dapat menggambarkan profil minat dan bakatnya sebagai dasar dalam menentukan Unit Kegiatan Mahasiswa. Terkait hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah adalah mengembangkan instrumen yang dapat digunakan dalam mengungkap profil multiple inttelligences untuk menelusuri minat dan bakat mahasiswa menggunakan metode penskalaan paired comparisons. Penelitian ini menggunakan Metode Research and Development (R&D). Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu merancang instrumen, proses penskalaan, dan analisis psikometrik instrumen. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner berdasarkan teori Multiple Intelligences yang terdiri dari sembilan dimensi kepada subyek penelitian yaitu mahasiswa semester dua di ITB STIKOM Bali. Setelah uji validitas isi dari ahli, dimana hasil validitas kuesioner menunjukkan koefisien validitas isi adalah 0,84 dengan kategori sangat tinggi, selanjutnya 76 dari 90 butir tes yang valid diujicoba. Dari 76 item yang valid setelah ujicoba diseleksi 7 item, tiap dimensi. Selanjutnya dilakukan proses penskalaan menggunakan metode paired comparison. Pada validasi kontruks menggunakan penskalaan paired comparison didapatkan urutan nilai z pada tiap kecerdasan. Inteligensi matematik-logika memiliki nilai skala yang terkecil sedangkan kecerdasan intrapersonal menunjukkan nilai skala terbesar. Perhitungan reliabilitas instrumen menunjukkan instrumen yang dikembangkan konsisten dalam mengukur profil Multiple intelligences mahasiswa.

Keywords: bakat, instrumen, minat multiple intelligences, paired comparison, penskalaan



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.