ANALISIS DAMPAK METODE PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM MATERI FUNGSI

Yustina Dwi Astuti, Zacharias Angelius Krisnadi Wara Sabon

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan langkah-langkah membelajarkan siswa dengan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dan (2) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah mengalami pendekatan pendidikan matematika realistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desain. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII B Kanisius Sleman sebanyak 23 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah catatan lapangan dan lembar tes hasil belajar. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana hasil dari penelitian ini mendeskripsikan secara rinci untuk menjawab tujuan dari penelitian. Berdasarkan tujuan penelitian yang telah dirumuskan, diperoleh hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Langkah-langkah pembelajaran mengacu kepada karakteristik pembelajaran PMR yaitu a) Memulai pembelajaran dengan permasalahan yang “riil” bagi siswa yang sesuai dengan pengalamannya. b) Permasalahan yang diberikan tentu harus diarahkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran. c) Siswa menciptakan model-model simbolik secara informal terhadap persoalan yang diajukan. d) Pengajaran berlangsung secara interaktif. (2) Hasil kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yaitu sebesar 58,47% siswa sudah mencapai kedua indikator tersebut dan yang belum mencapai indikator sebesar 41.53%.

Kata Kunci: Pendidikan Matematika Realistik; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Fungsi.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.