PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN, KOMPETENSI SOSIAL TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Yulia Aulia Rahmah, Budiyono Budiyono, Teguh Wibowo

Abstract


Penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh dari kompetensi kepribaadian dan kompetensi sosial terhadap kompetensi pedagogik dan profesional mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Masalah dari penelitian ini adalah adakah pengaruh kompetensi kepribadian terhadap kompetensi pedagogik dan profesional, dan adakah pengaruh kompetensi sosial terhadap kompetensi pedagogik dan profesional. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Sampel yang digunakan untuk penelitian sejumlah 32 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment dan analisis regresi sederhana. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji keberartian, dan uji linearitas. Hasil dari penelitian ini adalah (1) tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian terhadap kompetensi pedagogik dan profesional ditunjukkan oleh = 0,26 dan thitung= 1,48; (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi sosial terhadap kompetensi pedagogik dan profesional ditunjukkan oleh = 0,36 dan thitung= 2,11; (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan menyusun perangkat pembelajaran terhadap kompetensi pedagogik dan profesional ditunjukkan oleh = 0,67 dan thitung= 4,94.

Kata Kunci: kompetensi kepribadian, sosial, pedagogik dan profesional


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.