PENGEMBANGAN E-COMIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK SISWA SMP

Dewi Ayuningsih, Riawan Yudi Purwoko, Wharyanti Ika Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan e-comic sebagai media pembelajaran dengan pendekatan etnomatematika untuk siswa SMP, (2) mengetahui kelayakan dari e-comic. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, angket, dan tes. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif dan di analisis secara deskriptif kualitatif. E-comic dikembangkan berdasarkan tahapan-tahapan model pengembangan ADDIE dan dibuat secara digital dengan bantuan aplikasi Coreldraw dan Flipbook maker. Berdasarkan analisis terhadap seluruh data yang didapat dari penelitian diperoleh bahwa: (1)e-comic yang telah dikembangkan valid dengan memperoleh skor rata-rata sebesar 3,75; (2) dari segi kepraktisan e-comic memperoleh penilaian 84,51% dalam kriteria praktis; (3) e-comic memenuhi kriteria keefektifan dengan pencapaian ketuntasan belajar siswa sebesar 87,50% setelah menggunakan e-comic. Sehingga e-comic etnomatematika layak digunakan untuk siswa SMP.

Kata kunci: Seni Karawitan Jawa, Media Pembelajaran, E-comic



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.