PENINGKATAN KETERAMPILAN PRAKTIK PENGUKURAN TEKNIK DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM KERJA KELOMPOK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan komunikatif dalam meningkatkan minat, meningkatkan aktivitas belajar dan meningkatkan keterampilan praktik siswa di SMK Al Mu‘allim Kesugihan Cilacap pada praktek mata pelajaran pengukuran teknik.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus penelitian terdiri atas dua siklus. Sasaran penelitian adalah peningkatan keterampilan praktik siswa SMK Al Mu‘allim Kesugihan Cilacap. Aspek yang diteliti yaitu minat, aktivitas pembelajaran dan keterampilan praktik siswa dengan pendekatan komunikatif sebagai pendekatan pembelajaran. Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi awal untuk mengetahui keadaan siswa sebelum dilakukan praktik, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan tindakan yang terdiri atas dua siklus. Pada siklus I yaitu terdiri atas perencanaan tindakan 1, pelaksanaan tindakan 1, observasi dan refleksi. Selanjutnya pada siklus II langkah-langkahnya juga sama yaitu perencanaan tindakan II, pelaksanaan tindakan II, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa mengikuti praktik mengalami peningkatan.
Kata kunci : keterampilan praktik, minat belajar, aktivitas belajar, pendekatan komunikatif
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus penelitian terdiri atas dua siklus. Sasaran penelitian adalah peningkatan keterampilan praktik siswa SMK Al Mu‘allim Kesugihan Cilacap. Aspek yang diteliti yaitu minat, aktivitas pembelajaran dan keterampilan praktik siswa dengan pendekatan komunikatif sebagai pendekatan pembelajaran. Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi awal untuk mengetahui keadaan siswa sebelum dilakukan praktik, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan tindakan yang terdiri atas dua siklus. Pada siklus I yaitu terdiri atas perencanaan tindakan 1, pelaksanaan tindakan 1, observasi dan refleksi. Selanjutnya pada siklus II langkah-langkahnya juga sama yaitu perencanaan tindakan II, pelaksanaan tindakan II, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa mengikuti praktik mengalami peningkatan.
Kata kunci : keterampilan praktik, minat belajar, aktivitas belajar, pendekatan komunikatif
Refbacks
- There are currently no refbacks.