KOMBINASI METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN PROBLEM BASSIC LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS BERPIKIR DAN KUALITAS KERJA SISWA SMK
Abstract
Untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperlukan peningkatan dan penyempurnaan dalam
pendidikan, yang berkaitan erat dengan peningkatan mutu Pembelajaran secara operasional
yang berlangsung di dalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan Manajemen kelas yang baik agar
tujuan pembelajaran dapat tercapai. Di samping itu, Pembelajaran dapat terwujud dengan baik
apabila terdapat interaksi yang komunikatif antara guru dengan siswa, sesama siswa maupun
dengan sumber belajar lainnya. Dalam Implementasi Manajemen Kelas, guru sebagai pemeran
utama yang sangat menentukan berhasil tidaknya siswa dalam belajar, harus senantiasa
memperhatikan dan menciptakan suasana kondusif di dalam kelas. Dengan adanya guru yang
berkompeten dan berkualitas diharapkan mampu dalam menciptakan suasana belajar yang
efektif dan efisien di dalam kelas. Dengan menggunakan metode TPS serta PBL siswa dituntut
aktif sendiri dalam memecahkan sebuah masalah (PBL) serta mempermudah siswa lain untuk
saling berbagi materi satu sama lain.Serta suasana kelas tidak terasa menjenuhkan karena
siswa diharuskan memecahkan masalah dan saling berdiskusi, khususnya untuk smk smk yang
masih belum mempunyai fasilitas yang lengkap sehingga cara pembelajaran tersebut dapat
diaplikasikan sebagai salah satu solusi untuk menutupi kekurangan fasilitas yang ada.
pendidikan, yang berkaitan erat dengan peningkatan mutu Pembelajaran secara operasional
yang berlangsung di dalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan Manajemen kelas yang baik agar
tujuan pembelajaran dapat tercapai. Di samping itu, Pembelajaran dapat terwujud dengan baik
apabila terdapat interaksi yang komunikatif antara guru dengan siswa, sesama siswa maupun
dengan sumber belajar lainnya. Dalam Implementasi Manajemen Kelas, guru sebagai pemeran
utama yang sangat menentukan berhasil tidaknya siswa dalam belajar, harus senantiasa
memperhatikan dan menciptakan suasana kondusif di dalam kelas. Dengan adanya guru yang
berkompeten dan berkualitas diharapkan mampu dalam menciptakan suasana belajar yang
efektif dan efisien di dalam kelas. Dengan menggunakan metode TPS serta PBL siswa dituntut
aktif sendiri dalam memecahkan sebuah masalah (PBL) serta mempermudah siswa lain untuk
saling berbagi materi satu sama lain.Serta suasana kelas tidak terasa menjenuhkan karena
siswa diharuskan memecahkan masalah dan saling berdiskusi, khususnya untuk smk smk yang
masih belum mempunyai fasilitas yang lengkap sehingga cara pembelajaran tersebut dapat
diaplikasikan sebagai salah satu solusi untuk menutupi kekurangan fasilitas yang ada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.