IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR TERHADAP LEMBAR KERJA SAINS

Achmad Chuseri

Abstract


Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu bahan ajar cetak berupa lembar-lembar kertas yang berisi materi, ringkasan, dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang dikerjakan oleh peserta didik, serta mengacu kepada kompetensi dasar yang harus dicapai. Penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai menyebabkan tingkat pemahaman siswa terhadap materi menjadi kurang. Siklus belajar merupakan model pembelajaran yang memberikan pengalaman konkrit pada siswa yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman konseptual. Model pembelajaran siklus belajar terdiri atas tujuh tahap yaitu elicit, engage, explore, explain, elaborate, evaluate, and extend. Dengan pemahaman dalam konsep maka akan melatih siswa dalam keterampilan proses. Keterampilan proses yang perlu dikuasai oleh siswa diantaranya mengamati, merencanakan percobaan, menentukan bahan uji coba, merumuskan hipotesis, menentukan langkah kerja, memprediksi, menyimpulkan, dan mengkomunikasikan. Tujuan penggunaan LKS untuk mengetahui kecocokan LKS menggunakan model pembelajaran siklus belajar dalam melatih keterampilan proses sains. Mengetahui besarnya pemahaman siswa dalam menggunakan LKS dengan model pembelajaran siklus belajar dan mengetahui ada tidaknya peningkatan pemahaman siswa menggunakan LKS dengan model pembelajaran siklus belajar. Hasil yang diharapkan dari penggunaan LKS mampu memberikan pemahaman konsep yang dapat melatih keterampilan proses sains.

Kata Kunci: keterampilan proses, LKS, dan siklus belajar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.