PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI KIPIN SCHOOL 4.0 DI SEKOLAH DASAR

Anisa Andriani, Tiki Aqsha, Endang Juliana, Sahrul Pahmi, Karlina Karlina

Abstract


Pemanfaatan aplikasi pendidikan telah menjadi bagian integral dari transformasi pendidikan modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan media pembelajaran berbasis aplikasi, khususnya Kipin School 4.0, di lingkungan sekolah dasar. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus, Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru, peserta didik kelas V, dan orang tua, serta analisis dokumen. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik Milles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, pengajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan,  penelitian ini menganalisis pengalaman dan persepsi para pemangku kepentingan, termasuk guru, peserta didik, dan orang tua, terkait dengan pemanfaatan aplikasi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Kipin School 4.0 secara signifikan meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran, memperkaya pengembangan keterampilan, memperkuat kolaborasi antara guru dan orang tua, serta menyediakan pembelajaran yang disesuaikan secara individual. Temuan ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana teknologi pendidikan dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan pengalaman dan memotivasi peserta didik dalam belajar di sekolah dasar. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam konteks pengembangan pendidikan modern yang berpusat pada penggunaan teknologi. Implikasi temuan ini dapat membantu pengambil kebijakan, praktisi pendidikan, dan peneliti untuk lebih memahami potensi dan tantangan dari pemanfaatan aplikasi pendidikan di tingkat dasar, serta merumuskan strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di masa depan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.