KAITAN DISCOVERY LEARNING DENGAN HANDS ON MINDS ON SISWA

Laviola Safriyaningsih, Nur Ngazizah

Abstract


Discovery learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif dalam mengorganisasikan sendiri dan menyimpulkan dari pemecahan masalah. Langkah yang digunakan dalam pembelajaran discovery learning yaitu pemberian stimulus, mengindentifikasi masalah, mengumpulkan data, mengolah data, memverifikasi, dan menyimpulkan. Hands on minds on merupakan kemampuan belajar yang menekankan pada olah tangan dan olah pikir pada siswa. Hands on melibatkan pada pengalaman langsung berupa bertanya, menemukan, mengumpulkan data, menganalisis, serta menyimpulkan. Minds on merupakan suatu kemampuan kognitif atau proses berpikir yang berhubungan dengan konsep pemahaman siswa. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui kaitan antara discovery learning dengan hands on minds on siswa. Metode yang digunakan yaitu studi literatur yang diperoleh dari jurnal nasional dan internasional. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya kaitan antara discovery learning dengan hands on minds on siswa karena melibatkan siswa secara langsung dan aktif dalam pembelajaran.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.