KAITAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN SAINTIFIC ATTITUDE

Shofi Nur Azizah, Nur Ngazizah

Abstract


Metode inkuiri terbimbing merupakan penyajian pelajaran yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan informasi dengan atau tanpa bantuan guru sehingga dapat mencari dan menyelidiki masalah tersebut secara kritis dan logis. Sikap ilmiah, merupakan sikap yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran melalui kegiatan ilmiah, seperti diskusi, penyelidikan, simulasi, atau kegiatan proyek. Pengembangan sikap ilmiah sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena dapat membentuk pribadi manusia yang selalu menggunakan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Sikap ilmiah atau saintific attitude yang dimiliki siswa juga akan mempengaruhi cara siswa dalam merespon objek, orang lain, atau peristiwa yang ada di sekitarnya. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui kaitan model inkuiri terbimbing dan saintific attitude. Metode penulisan yang digunakan adaalah studi literatur yang diperoleh dari beberapa jurnal, artikel, maupun prosiding yang beriputasi baik nasional maupun internasional. Hasil dari studi literatur ini adalah model inkuiri terbimbing dan saintific attitude dapat berkaitan karena pada tahapan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing siswa diberikan kesempatan untuk terlibat lebih aktif dalam proses pembelajaran. Keterlibatan siswa secara aktif baik secara fisik maupun mental dalam kegiatan pembelajaran akan membawa pengaruh terhadap pola tindakan siswa yang selalu didasarkan pada hal-hal yang bersifat ilmiah.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.