KAITAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING DENGAN CRITICAL THINGKING

Dyah Purti Erryyanti, Hanifah Hanifah, Nur Ngazizah

Abstract


Pembelajaran Inquiry merupakan salah satu model pembelajaran yang menekankan pada proses berfikir secara kritis dalam memecahkan masalah, melakukan penyelidikan, eksperimen, mengumpulkan dan menganalisis data sampai pada tahap menarik kesimpulan yang menekankan pada keterlibatan siswa secara langsung yang berbasis penemuan. Penulisan ini bertujuan untuk: mengetahui kaitan antara pembelajaran inquiry learning dengan critical thingking, mengidentifikasi pembelajaran yang baik untuk meningkatkan ketrampilan berfikir agar mendapatkan jawab atas dasar rasa ingin tahu peserta didik, dan mengidentifikasi pembelajaran yang baik untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada peserta didik. Penulisan menggunakan metode studi literatur yang diperoleh dari jurnal-jurnal yang bereputasi nasional baik internasional. Hasil penulisan menunjukkan bahwa: terdapat kaitan yang kuat antar tahapan ketrampilan berfikir agar menemukan jawab atas dasar rasa ingin tahu dan kemampuan berfikir kritis, model pembelajaran inquiry learning memiliki tahapan yang tepat dan baik dalam meningkatkan ketrampilan berfikir untuk menemukan penelitian peserta didik itu sendiri, dan model pembelajaran critical thingking baik untuk mengasah kemampuan berfikir kritis pada peserta didik.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.