KAITAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BERBASISPROYEK DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Iva Kurniasari, Nur Ngazizah

Abstract


Ketrampilan berpikir tingkat tinggi serta pendidikan HOTS (Higher Order Thinking Skiils) merupakan tuntutan pendidikan di abad 21. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui ketrampilan dan kemampuan dengan metode kualitatif dengan cara mengumpulkan berbagai jurnal menggunakan metode pembelajaran Project Based Learning dengan pengutipan pendapat- pendapat yang sesuai hasil belajar siswa, respons siswa, aktivitas siswa, dan efektifitas khususnya bagi peserta didik sekolah dasar. Jenis kajian yang digunakan berupa penelusuran pustaka dengan sejumlah jurnal yang dapat dipertanggungjawabkan terkait dengan pembelajaran berpikir kreatif di sekolah dasar. Analisis kajian menerapkan prosedur penulisan studi literature. Hasil penelusuran studi literature yang diperoleh menunjukkan bahwa metode pembelajaran proyek efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa, meningkatkan literasi sains, dan sebagai alternatif dalam mengembangkan minat belajar siswa. Pembelajaran Creative Thinking berbasis proyek, diharapkan setiap siswa dapat mengatasi permasalahan di dunia nyata dan dapatmeningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.