PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS

Ria Safitri, Nur Ngazizah

Abstract


Pembelajaran sains sebagai bagian dari pendidikan secara umum bertanggung jawab dan berperan penting dalam menghasilkan dan membentuk peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis, logis, kreatif, inovatif, dan berdaya saing global. Kearifan lokal merupakan ciri khas sebagai upaya warisan budaya. Literasi sains merupakan kemampuan untuk memahami sains. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk mengembangkan literasi sains. Sains berbasis kearifan lokal umumnya bersifat aplikatif. Metode penulisan yang digunakan adalah studi literatur yang diperoleh dari beberapa jurnal, artikel, maupun prosiding yang beriputasi baik nasional maupun internasional. Hasil dari studi literatur ini adalah pembelajaran sains diharapkan mampu berimplikasi pada peningkatan literasi peserta didik khususnya anak sekolah dasar dan bagaimana pentingnya pengintegrasikan kearifan lokal dalam belajar yang tidak hanya memasok peserta didik untuk pengetahuan tetapi juga menanamkan rasa cinta untuk keanekaragaman lokal dilingkungan mereka

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.