PENGGUNAAN MODEL STEM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS SISWA

Surya Adi Pradana, Nur Ngazizah

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan model STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains siswa, serta keefektifan lain dari penggunaan model pembelajaran STEM khususnya bagi peserta didik sekolah dasar. Jenis kajian yang digunakan berupa penelusuran pustaka dengan sejumlah jurnal yang sudah bereputasi dari nasional maupun dari internasional terkait dengan pembelajaran STEM di sekolah dasar. Hasil studi pustaka yang diperoleh menunjukkan bahwa metode pembelajaran STEM efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, meningkatkan literasi sains, dan sebagai alternatif dalam mengembangkan minat belajar siswa. Dengan adanya pembelajaran STEM, diharapkan setiap siswa dapat mengatasi permasalahan di dunia nyata dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.