PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS DALAM KESENIAN KUDA KEPANG

Andi Setiawan, Akhmad Faizin, Nur Ngazizah, Rizky Fadjar Choirrul Linda

Abstract


Pembelajaran etnosains adalah pembelajaran yang menjadikan lingkungan atau kebudayaan suatu masyarakat sekitar sebagai sumber belajar. Etnosains memadukan sains ilmiah dengan kearifan masyarakat sekitar. Pembelajaran berbasis etnosains selain sebagai bahan ajar juga sebagai bentuk pelestarian budaya. Kesenian kuda kepang merupakan salah satu tarian yang diiringi dengan alunan musik. Penggunaan alat musik yang bervariasi dapat dijadikan sebagi sumber belajar berlandaskan kebudayaan (Etnosains). Tujuan dari kajian ini adalah untuk mendiskripsikan sains ilmiah yang terdapat dalam kesenian kuda kepang yang dapat diaplikasikan pada proses pembelajaran. Kajian ini juga sebagai bahan referensi guna menyusun model pembelajaran berbasis etnosains di kemudian hari. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah kepustakaan dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi dan didukung dengan kajian literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesenian kuda kepang dapat dijadikan sebagai sumber belajar siswa. Penerapan etnosains akan memudahkan pemahaman siswa terhadap materi dan akan meningkatkan hasil belajar, selain itu pembelajaran akan lebih bermakna.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.