METODE BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Isna Rahmawati, Nela Rofisian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan metode bermain dalam pembelajaran di kelas IV SDN 3 Karanganom Klaten Utara. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus dari Kemmis & Taggart. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak enam pertemuan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian meliputi observasi dengan lembar observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan serta wawancara dengan pedoman wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode bermain. Melalui kegiatan bermain anak terlatih untuk saling bekerjasama baik dalam satu kelompok maupun antar kelompok dan terlatih untuk saling menghargai orang lain dalam memecahkan sandi dan menemukan makna yang terkandung di dalam kegiatan bermain. Melalui metode bermain hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara kontinyu dari siklus ke siklus. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan adalah sebesar 68,77 meningkat menjadi 78,90 setelah dilakukan tindakan pada siklus 1. Selanjutnya pada siklus 2 meningkat menjadi 86,71.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.