PROBLEMATIKA KETERAMPILAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA

Sartika Sartika, Ninin Nun 'Aini, Nur Ngazizah, Rizky Fadjar Choirrul Linda

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mengetahui problematikayang sering dijumpai dalam pembelajaran IPA diSekolah Dasar, khususnya terkait tentangketerampilan pembelajaran IPA. Problematika yangdihadapi dari kajian ini mengenai keterampilanpembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Metode yangdigunakan dalam kajian ini adalah studi literatur daribeberapa jurnal, baik dari jurnal nasional maupuninternasional terkait dengan probematikaketerampilan siswa dalam pembelajaran IPA SekolahDasar. Hasil yang diperoleh dari studi literatur iniadalah problematika yang sering dijumpai dalampembelajaran IPA yaitu problematika keterampilansiswa. Keterampilan siswa meliputi keterampilanliterasi sains, keterampilan generik sains, HOTS,keterampilan proses, dan keterampilan berfikir kritis.Oleh karena itu, dengan mengetahui problematikaketerampilan dalam pembelajaran IPA dapatmemberikan persiapan dalam mengatasi danmencegah terjadinya suatu permasalahan dan mampumemberikan solusi terhadap penerapan pembelajaranIPA di Sekolah Dasar.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.