KAITAN ANTARA MODEL DISCOVERY LEARNING DEENGAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS

Isty Khazizah, Nur Ngazizah, Laviola Safriyaningsih

Abstract


Saat ini guru di Indonesia dituntut untuk dapatmeningkatkan hasil belajar siswa. Kegiatanpembelajaran tidak hanya fokus pada materi saja,akan tetapi siswa perlu memiliki keterampilan generiksains. Keterampilan tersebut masih jarang diterapkanpada siswa, padahal penerapannya saling berkaitandengan pembelajaran sains. Salah satu modelpembelajaran untuk dapat meningkatkanketerampilan generik sains yaitu model DiscoveryLearning. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahuikaitan antara model Discovery Learning denganketerampilan generik sains. Metode yang digunakanberupa studi literatur, yaitu cara yang digunakanuntuk mengumpulkan data dari berbagai sumberseperti jurnal nasional maupun jurnal internasional.Hasil analisis menunjukkan bahwa model DiscoveryLearning memiliki kaitan yang efektif denganketerampilan generik sains. Dalam hal ini, gurusebaiknya memperhatikan kekurangan dan kelebihanpada penerapan model Discovery Learning yang terkaitdengan keterampian generik sains untukmeningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.